Monday 14 September 2015

SEJARAH SENJATA TERMINATOR GATLING GUN


Bila pembaca pernah melihat sebuah adegan terakhir pada film “The Last Samurai” dimana ada barisan serangan kaveleri berkuda samurai yang semuanya tewas di babat habis oleh dua buah senjata yang ditembakkan, dan senapan itu yang disebut dengan Gatling Gun. Sekarang kita kembali ke topik senapan mengerikan ini bukan ke filmnya hehehe. Sosok di balik pembuatan senjata ini malah ditagan seorang dokter gigi berasal Amerika bernama Richard Jordan Gatling, dokter yang berasal dari keluarga kaya dan serta lulusan dari kedokteran Ohio in malah tertarik dengan ilmu tehnik dan menciptakan sesuatu dari pada ilmu yang di pelajarinya dulu dibangku kuliah. Sebelum menemukan senapan gatling ia berhasil menciptakan penemuan berguna salah satunya alat pembersih bulu domba yang menggunakan uap.

Pada tahun 1861 ketika pecahnya perang saudara Amerika antara utara dan selatan Richard melihat dimana tentara pemerintah atau utara selalu mengalami kerugian korban manusia yang sangat banyak. Ia lalu menciptakan sebuah senjata yang mampu menggantikan kekuatan tembak/firepower dari sebuah kompi tentara dan meminimalkan jumlah korban di pihak sendiri, akhirnya pada tahun itu juga ia membuat senjata yang bernama gatling karena sesuai namanya dan dipatenkan pada 4 November 1961. Gatling gun adalah sebuah senapan multi laras yang prinsip kerjanya menembakkan satu peluru di dalam satu laras sambil berputar membuang selongsong/cartridge sembari memasukkan peluru baru dari magasin ke laras dalam putaran. Bentuk senapan ini sangatlah besar sekali sampai seukuran meriam dan dalam penggerakannya senapan ini dipasangi roda . Walaupun berupa senapa mesin tetap gatling gun belum otomatis karena senapan ini harus di tembakkan dengan memutar engkol secara terus menerus , akan tetapi gatling gun menjadi senapan mesin pertama yang mampu menembak secara cepat hingga sampai 200 peluru permenit ditangan kru yang amatir. Bayangkan perbedaanya dari senapan yang ada pada saat itu semisal yang hanya bisa menembakkan 3 – 20 peluru permenit. Hingga akhirnya dibuatnya pabrik senapan ini di Indianapolis pada tahun 1862, gatling gun belum pernah mencicipi tes lapangan atau perang yang sesungguhnya. Karena menurut pemerintah Amerika senapan ini kuranglah menarik karena sangatlah repot susah payahnya harus menggerakkan senjata ini di garis depan. Tetapi akhirnya ada sebuah jendral Amerika union (utara) bernama Benjamin Butler yang mencoba menggunakan senjata ini di pengepungan Petersburg dan hasilnya sangat mengejutkan kedua pihak utara maupun selatan yang daya hancurnya sangatlah luar biasa. Walupun begitu hingga akhir perang sipil Amerika gatling gun tidak masuk layanan resmi hanya masih digunakan terbatas hingga perang usai tahun 1865, tetapi ditahun 1866 masuk layanan resmu tentara Amerika. Debut luar negeri gatling gun ini digunakan oleh angkatan laut Peru untuk melawan Chile yang sukses di pertempuran Tacna dan San Juan, Inggris yang digunakan untuk melawan suku-suku di Afrika dan lain –lain

Untuk beberapa dekade gatling gun menjadi senjata yang favorit hingga ditemukannya mekanisme senapan mesin yang full automatis oleh Sir Hiram Maxim tahun 1890 yang memiliki daya tembak 400-600 peluru permenit sehingga posisinya tergantikan. Masa keemasan gatling gun kembali pada 70 tahu kemudian, di tahun 1950 banyak negara mulai melirik lagi gatling gun terutama Amerika dan Uni Soviet yang menciptakan banyak varian. Salah satunya yang paling hebat di era sampai sekarang ini adalah varian Soviet gatling gun tipe Gsh-23-6L yang memliki daya tembak 10.000 permenit lebih cepat ketimbang milik Amerka Vulcan 20mm yang 4000 permenit.

Gatling Gun Modern


Uni Soviet Gsh-23-6L


Amerika Vulcan 20mm



No comments:

Post a Comment