Thursday 17 September 2015

HELIKOPTER KEPRESIDENAN INDONESIA YANG PERTAMA



Untuk cerita siapa yang pertama Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain . Pertama yang saya maksut ialah yang memiliki helikopter sebagai transportasi udara Kepresidenan ialah helikopter Hiller 360, yang dipakai Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Tipe helikopter Hiller 360 ini juga menjadi pertama yang dimiliki Indonesia setelah meraih kemerdekaan, Heli dibeli dan dirakit setelah datang dari Amerika pada Desember 1950 dan uji coba oleh Komodor Muda Wiwieko Soepono pada bulan itu juga. Setelah dinyatakan aman 3 minggu kemudian 15 Januari 1951 baru digunakan oleh Ir. Soekarno, sejak saat itulah heli mungil ini mejadi helikopter Kepresidenan pertama Indonesia dan konon menjadi yang pertama di dunia. Walaupun bentuknya kecil mungil tapi di jamannya heli ini sangatlah canggih.

Ada banyak kisah unik ketika Bung Karno terbang dengan heli ini karena ia sering Pulang dan Pergi Jakarta-Bogor, ia memeliki alasan lucu saat ditanya mengapa Bung Karno lebih sering naik helikopter ini dari pada lewat jalur darat ? dan alasannya ialah “ Supaya Jakarta tidak macet kalau aku lewat” HHH. Tetapi ini memang benar banyak warga dan rakyat kala itu memang jalanan sepi tidak seperti era ini, tapi bila warga melihat Presiden tercintanya lewat maka warga masyarakat akan lonjak-lojak riang gembira dan inilah yang akan menimbulkan kemacetan. Kisah lainnya ialah ketika Bung Karno terbang dan menaburkan bunga semanggi langsung dari atas heli yang sedang terbang diatas gerbang senayan, letak bunga yang dijatuhkan itu pula yang kelak menjadi dan dinamakan jembatan Semanggi.


Sekarang heli ini sudah dipensiunkan sejak 1980 an dan sekarang menjadi koleksi Dirgantara di museum Pusat TNI-AU yang berada di Lanud Adi Sucipto.  


No comments:

Post a Comment