Saturday 12 September 2015

Pesawat, Mobil, Helicopter Air Force One Indonesia

Pesawat Air Force One Pertama Presiden Indonesia
Boeing Businees Jet 2 adalah pesawat pilihan yang dipilih sebagai pesawat khusus bagi Presiden Republik Indonesia, dipilihnya pesawat ini selain untuk menghemat biaya perjalanan Presiden dalam jangka panjang serta menjadi sebuah kebanggan pula bahwa untuk pertama kalinya Indonesia memiliki pesawat khusus Kepresidenan sendiri karena sebelumnya memang untuk keperluan perjalanan Presiden RI harus menyewa dari pesawat komersil milik maskapai Garuda. Pesawat Air Force One karena merupakan pesawat Presiden ada beberapa fitur canggih yang ditambahkan, mulai dari sistem elektronik yang mampu menahan getaran elektromaknetik, radar yang dapat mendeteksi dan membedakan pesawat ataupun rudal, jalur sambungan komunikasi yang aman serta perangkat infra merah dan flare yang mampu mengacaukan rudal yang mendekat. Tak juga ketinggalan desain interior ruangan yang berkelas agar Presiden nyaman bila berada di pesawat . Pesawat yang beroperasi tahun 2013 ini memiliki spesifikasi panjang 39,5 meter, panjang sayap 35,8 meter tinggi ekor 12,5 meter dan diameter 3,73 meter serta mampu terbang 10-12 jam.



Helicopter Super Puma Nas 332
Helicopter yang masuk dalam skuadron 17 VIP/VVIP ini merupakan transportasi udara yang juga dimiliki oleh Kepresidenan Indonesia. Super Puma sendiri merupaka varian seri helikopter yang di produksi dari lisensi Super Puma asal Perancis, Super Puma memang dikenal helikopter angkut yang tangguh ini terbukti dengan dipakainya di banyak negara karena itu selain digunakan oleh TNI AU heli ini juga dibuat dan diperuntukkan juga untuk Kepresidenan Indonesia. Untuk kenyamanan desain interior nya juga diperbaiki dengan kursi yang nyaman, tak ketinggalan fitur keamanan yang canggih tak ketinggalan pula di pasang di heli ini mulai dari TCAS (Traffic/Collison Avoidance System) dan TCAD (Traffic/Collison Alerting Devices) yang berguna untuk menjamin keselamatan RI-1. Spesifikasi Heli RI-1 ini memiliki kecepatan 278km/jam serta mampu terbang dengan jarak sejauh 800 km.



Sedan RI-1
Untuk mobil sendiri dari era setiap Presiden selalu berganti akan tetapi untuk sekarang di era Bapak Jokowi masih menggunakan mobil dari era Presiden sebelumnya. Mobil varian Mercedez Benz S600 W221 yang diproduksi tahun 2008 dan masih digunakan sampai tahun 2015 ini memeiliki fitur kaca antipeluru dan mampu bertahan dari ledakan granat tangan , tak ketinggalan untuk rodanya dipasangi khusus roda anti bocor yang walaupun ditembank peluru masih mampu berjalan hingga 60 km. Dengan kekuatan mesin GVW 4.200 kg mobil mampu melaju kecepatan penuh sampai 210 km/jam. Kemungkinan pada tahun 2016 akan diganti varian mobil terbaru dan salah satu kandidatnya ialah sedan limousin Mercedez S600L Grand Pullman.





No comments:

Post a Comment